Apa itu USB Type-C



Halo guys... Kali ini saya akan membahas tentang USB paling baru, yaitu USB type-C.

Source : www.androidauthority.com

USB type-C Adalah standar baru konektor baru yang diprediksikan akan menggantuikan USB 2.0 dan 3.0. Bentuknya lebih tipis dibanding USB 2.0 dan 3.0 dengan panjang 8.4 mm dan lebar 2.4 mm, hal ini sangat berguna untuk membuat smartphone semakin tipis. Bicara tentang kecepatan transfer data, konektor ini bisa mentransfer hingga kecepatan 10 Gbps. Hal menarik dibalik USB type-C ini adalah bentuk konektornya yang dapat di bolak-balik sehingga kita tidak perlu repot ketika menggunakannya.

Berbagai macam konektor.
Dalam daya yang dihantarkan pun mengalami peningkatan, USB type-C dapat menghantarkan daya hingga 20 volt ( 100 watt ) dan 5 amphere, Hal ini memungkinkan laptop dapat mengisi baterenya menggunakan konektor ini. Dan juga perusahaan pembuat penyimpanan data dapat membuat hardisk external tanpa menggunakan power adaptor lagi.

Source :store.google.com
Namun USB type-C ini masih memiliki kekurangan pada saat ini, yaitu belum banyaknya perangkat komputer maupun smartphone yang menggunakan konektor ini, Hal ini membuat kita memerlukan sebuah Port converter yaitu pengubah konektor, misalnya dari USB type-C ke micro usb dan sebagainya.

Sekian Penjelasan singkat dari saya...
Semoga Bermanfaat...

0 Komentar: