Mengenal Macam Sensor Pada Android


Setelah yang lalu - lalu, Saya post Mengenai perangkat lunak android, Maka Postingan kali ini akan membahas Perangkat kerasnya. Yap, Sesuai Judul kita akan membahas tentang macam - macam Sensor pada android. 

Accelerometer

Sensor ini merupakan Sensor yang berfungsi untuk Mendeteksi Posisi Pada Smartphone anda. Tau kan Menu Potrait dan landscape pada android anda? Nah Sensor inilah yang Mengatur Menu Tadi, Jadi jika kita memutar posisi Smartphone maka posisi layar pun akan Mengikuti. Sensor ini juga Berfungsi saat kita main game yang memerlukan Setir, Contohnya Asphalt 8. Jadi kita bisa Berbelok Hanya Dengan Memiringkan Smartphone.

Proximity 

Sensor ini Merupakan Sensor yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan Suatu objek didepannya.
Sensor ini Kita gunakan Pada saat kita Menelepon. Pernah kan saat kita menelepon layar, android anda mati? Nah saat itulah proximity sensor Bekerja. 

Gyroscope

Sensor ini merupakan Sensor yang berfungsi untuk mengatur posisi dan orientasi Smartphone anda, Hampir sama Dengan Accelerometer. Bedanya kalo Accelerometer itu dipengaruhi gravitasi, Sedangkan Gyroscope dipengaruhi oleh Prinsip Momentum Sudut.

Magnetometer

Sensor ini Merupakan Sensor yang berfungsi untuk mendeteksi medan magnet Disekitar Smartphone. Pernah saya mencoba di Lab, menaruh magnet di samping smartphone, Dan pada saat cek kompas, Otomatis Arah utara kompas Menghadap Ke Magnet. Sensor ini juga Berfungsi Sebagai Pendeteksi logam.

Barometer

Sensor ini Merupakan Sensor yang berfungsi untuk Mengukur Suhu atau temperatur Udara.

Fingerprint dan Face Sensor

Sensor ini Merupakan Sensor yang berfungsi sebagai Pengaman Smartphone.

Ambient Sensor

Sensor ini Merupakan Sensor yang berfungsi untuk mendeteksi cahaya Disekitar Smartphone. Juga Berfungsi untuk Mengatur kecerahan layar Smartphone.

Itulah Bahasan mengenai Sensor pada android, Semoga bermanfaat...

0 Komentar: